blogger isn't my hobby, but it's mylifestyle

Rabu, 28 April 2010

01.03

Keunikan Belanda Pesonakan Pelajar Indonesia



Belanda, salah satu permata eropa yang tidak diragukan lagi kehebatannya di mata dunia.. Bagi Indonesia  sendiri Belanda dipandang sebagai salah satu negara yang memberikan inspirasi bagi negara lain dengan keterbatasannya. Bagi saya sendiri meskipun belum pernah menginjakkan kaki di negeri Belanda bagi saya Belanda adalah negara yang mempunyai keunikan yang luar biasa. Saya berharap suatu saat nanti akan menginjakkan kaki di negara tersebut bukan karena wisata melainkan membuktikan dari apa yang saya tulis pada postingan ini. Pada postingan ini saya akan menuliskan berbagai keunikan yang dimiliki Belanda yang khususnya saya tujukan bagi pelajar Indonesia yang sedang mencari referensi "kuliah luar negeri"
Belanda bagi pelajar indonesia merupakan salah satu tujuan dalam meneruskan study di luar negeri karena dari 200 universitas terbaik di dunia, 11 diantaranya berasal dari negara oranye ini. Bagi Belanda sendiri ilmu pengetahuan menjadi prioritas utama maka sudah sepantasnya universitas-universitas di Belanda menjadi impian para pelajar dunia.

Pendidikan tinggi
Di Belanda ada dua jenis institusi pendidikan tinggi yang utama: universitas riset (dalam bahasa belanda disebut universiteit) danUniversity of Applied Sciences atau di Belanda dikenal dengan sebutan Hogeschool.
Belanda juga memiliki Institut untuk Pendidikan Internasional  yang sudah sejak lama menawarkan program-program yang dirancang khusus bagi mahasiswa asing.
Universiteit
Di Belanda ada 14 universiteit, tiga diantaranya memiliki spesialisasi di bidang teknik.  Universiteit melatih mahasiswa menjadi ilmuwan dan pakar di salah satu bidang ilmu, namun banyak juga program studi mengarah ke profesional, sehingga kebanyakan alumninya dapat bekerja di luar lingkungan riset. 
Universities of Applied Sciences
Program studi yang ditawarkan oleh University of Applied Sciences berorientasi pada praktek. Pengalaman praktek kerja yang diperoleh melalui magang atau internship merupakan bagian dari keseluruhan program studi professional. Ada 44 Universityof Applied Sciences di Belanda. 

Institut Pendidikan Internasional
Sejak lebih dari 50 tahun lalu Belanda menawarkan studi lanjutan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar atau yang dikenal dengan “Pendidikan Internasional”.  Ke-11 institut ini fokus pada program studi yang terkait dengan pembangunan, berbasis pada kerja kelompok  skala kecil, pertukaran pengetahuan dan interaksi antar mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya, yang difasilitasi oleh pengajar yang memiliki pengalaman kerja di negara-negara berkembang.

10 Daftar Universitas terbaik di Belanda serta program-program yang ditawarkannya : kilik disini

Okay sekarang kita bahas keunikan yang dimiliki Belanda yang sangat mempesona mata dunia.
  •  Kincir Angin


Ada alasan tersendiri mengapa Belanda identik dengan kincir angin. Dengan letak daratan di bawah permukaan laut maka saat itu Belanda hanya memiliki sedikit daratan kering. Air memang merupakan musuh utama Belanda. Untuk mengatasi hal ini, digunakanlah kincir angin yang dapat memompa air dari dataran rendah untuk kemudian disalurkan ke sungai atau kanal yang terletak di dataran lebih tinggi. Hasilnya? Masalah air tidak hanya teratasi, tapi Belanda juga berhasil memperluas wilayah negaranya melalui teknologi sederhana ini.
  • Amsterdam
Amsterdam adalah simbol baru bagi Kota Dunia Amsterdam. Betapa tidak, kalimat ini telah menjadi sihir baru bagi kota ini untuk mengundang para turis dari seluruh pelosok bumi mengunjunginya dan berpose-ria di depan kalimat ini. Kalimat ini terpajang di area Museumplein (Het Rijksmuseum), yang merupakan salah satu museum terbaik seantero jagat yang bisa disandingkan dengan Museum Louvre di Paris, dengan warna simbolik merah dan putih yang juga menjadi warna khas kota Amsterdam.
  • Sistem Lalu Lintas di Belanda
Sistem Lalu-lintas di Belanda adalah salah satu sistem yang terbaik di Eropa. Panjang jalan total yang ada disini: 125.575 km. Dan hampir semua jalan raya dengan aspal kelas utama (HotMix). Jalan Raya (snelweg) di Negeri Belanda adalah salah satu dari rangkaian jalan diseluruh Eropa dengan sebutan jalan A (seperti: A1, A2, A3 dst). Di Belanda, untuk lewat di Jalan Raya tidak perlu membayar Tol tetapi setiap pengendara mobil saja yang harus bayar Pajak untuk Jalan Raya. Dan ini dibayar tiap tiga bulan sekali.
Ada juga jalan Negara, jalan propinsi, jalan dalam kota, jalan khusus bus, jalan khusus sepeda atau sepeda motor (fietspad, yang ini mungkin hanya ada di Belanda), jalan setapak, dan untuk pejalan kaki (trotoar).

Secara umum Sistem Lalu-Lintas Darat di Belanda dapat dibagi dalam 2 bagian:
- Angkutan Umum Darat (Openbaar vervoer) : (Kereta Api, Metro, Trem, Taksi, Bus Kota)
- Angkutan Pribadi: (Mobil, Sepeda Motor, Sepeda)
Bepergian dengan angkutan umum darat di Belanda misalnya dengan kereta api (trein) adalah sangat nyaman dan serba teratur. Di mana dengan kereta api kita bisa mengunjungi setiap kota di Belanda bahkan sampai kota kecil sekalipun, makanya Jaringan Kereta Api di Belanda adalah salah satu yang tersibuk didunia. Dimana setiap harinya melayani kurang lebih 1 juta penumpang. Kereta api disini terbagi dalam 3 bentuk: Kereta Api Antar Kota Besar (Intercity), Kereta Api Cepat (Sneltrein), Kereta Api yang berhenti disetiap kota kecil yang dilewatinya (Stoptrein). Ada pula kereta api antar Negara (Internationale trein) yang menghubungkan Belanda dengan negara sekitarnya, seperti kereta api Thalys yang menghubungkan Amsterdam dengan Antwerpen dan Brussel di Belgia dan Paris, Perancis. Eurostar yang menghubungkan Amsterdam dengan London lewat terowongan bawah laut antara Perancis – Inggris. Serta ICE yang menghubungkan Amsterdam dengan Berlin, Jerman.
Belanda sekarang sedang membangun HSL (hogesnelheid lijn) atau jalur kereta api dengan kecepatan tinggi dengan maksimal kecepatan kereta api sekitar 300 km per jam. Dimana dengan ini mempercepat hubungan Amsterdam – Paris yang semula jarak tempuh 5 jam, menjadi 2 jam saja.

  • Pasar Malam Besar Den Haag


Pasar Malam Besar adalah festival tahunan yang dilaksanakan biasannya antara bulan Mei dan Juni (awal Musim Semi di Belanda). Festival ini diselenggarakan oleh Yayasan Tong Tong. Pasar Malam Besar (PMB) ini sudah terselenggara sudah setengah abad yang lalu. Dan tahun in yang ke-50 berlansung mulai tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 1 Juni 2008, buka mulai jam 11.30 pagi sampai jam 10.00 malam dan Sabtu – Minggu sampai jam setengah 12 malam. Festival ini adalah Festival EuroAsia yang terbesar di dunia dengan menggunakan Tenda Raksasa yang luasnya 20.000 m2. Tujuan dari festival ini adalah East Meets West “Mempertemukan antara Asia dan Eropa”.
Di Lapangan Maliveld di Pusat Kota Den Haag berdirilah Tenda Raksasa itu dengan Tenda Utama berwarna kuning dan biru berselang-seling (garis-garis) serta dikelilingi dengan puluhan Tenda Tambahan yang berwarna putih. Ini sangat menakjubkan untuk dilihat. Untuk menuju ke PMB ini kurang lebih 10 menit jalan kaki dari Stasion Kereta Api Pusat Den Haag. Dan juga bisa dengan mobil pribadi, dimana kendaraan bisa diparkir dibawah Lapangan Maliveld (Parkir Bawah Tanah).
Untuk bisa masuk ke PMB dibutuhkan antrian yang panjang setiap harinya dan lebih payah lagi bila pada hari Sabtu dan Minggu serta Libur Besar, berjubel pengunjung yang ingin menikmati PMB ini.

Di depan Pintu Masuk terpampang Poster Raksasa Pasar Malam Besar. Sebelum Masuk kita harus membayar Tiket Kunjungan sebesar € 14,- untuk orang dewasa. Anak-anak 2 – 11 tahun membayar € 4,50,- dan Usia Lanjut 65 tahun keatas € 9,-. Pengunjung yang saya lihat utamanya dari orang-orang Belanda sendiri, orang-orang Indo (In Holland door Omstandeheden = di Belanda karena Keadaan) utamanya orang-oramg Maluku yang sudah beranak-pinak di sini, orang-orang peranakan (Belanda-Indonesia) serta orang-orang Indonesia yang menetap di Belanda.
Setelah lewat Pintu Masuk yang terlihat pertama kali adalah Rumah Tradisional khas Indonesia (Gaya Betawi). Setelah itu kita akan terkesima dengan Tenda Raksasa dengan tiang utama yang menjulang tinggi di langit-langit. Pertama kali masuk di Tenda Utama yang terasa bau khas Indonesia yang kental Wirok (Kemenyan). Di dalam Tenda Utama terdapat Panggung Utama yang menyuguhkan Acara-acara menarik yang berlansung tiap 30 menit. Orang dapat menonton acara-acara yang disuguhkan panitia. Acaranya beraneka-ragam mulai dari Keroncong, Lagu-lagu Hawai Tempo Doeloe, Musik IndoPop dan IndoRock dan banyak lagi.
Panggung Utama ini dikelilingi dengan puluhan Stand Pameran yang menjual beraneka-ragam pernak-pernik dari Indonesia. Disamping itu adapula stand yang memberikan Informasi tentang Indonesia. Saya juga melihat stand dari Departemen Pariwisata Indonesia, Kedutaan Besar Indonesia di Belanda, beberapa propinsi di Indonesia, seperti Jawa Barat, Papua, Halmahera Barat, sayang saya tidak melihat stand pameran Propinsi Sulawesi Selatan.
Setelah berkeliling di kawasan Tenda Utama, selankutnya kit bisa mengunjungi Tenda-tenda Tambahan yang mengelilingi Tenda Utama. Untuk mencicipi masakan Indonesia yang khas, kita bisa ke Tenda yang khusus untuk makanan (Eetwijk). Disini dijual beragam kue-kue khas Indonesia (seperti lapis legit bahkan kue boegis pun dapat didapatkan disini). Makanan yang terpopuler di stand ini adalah martabak telor, nasi rames (atau campur), bakso, soto, sate dan masih banyak lainnya. Disini pula ada Restoran Anugerah yang pemiliknya berasal dari Tanah Toraja.
Puas dengan makan makanan yang enak, kita bisa lagi berjalan mengunjungi tenda-tenda lainnya. Untuk mengetahui banyak tentang Indonesia kita bisa ke Paviliyun Indonesia dan Paviliyun Budaya. Disini banyak dijual barang-barang kerajinan dari Indonesia, seperti patung-patung dari Bali, Jawa, Papua dan banyak lagi. Ada juga stand yang menjual CD, VCD dan DVD dari Indonesia bahkan saya lihat ada VCD Bugis-Makassar. Menarik bukan, untuk yang Rindu akan Kampung Halaman.
Sampailah kita pada Bibit Theater, juga berada di tenda tambahan, disini kita bias melihat film-film documenter tentang Indonesia Tempo Doeloe dan bagi yang gemar memasak dapat mengunjungi Demo Masak Masakan Indonesia. Ada juga workshop untuk membuat barang-barang kerajinan khas Indonesia, ini ditampilkan di stand Bengkel.
  • Bersepeda di Belanda

Tak jauh berbeda dengan kota jogja, pecinta sepeda di Belanda bisa menyalurkan hobinya karena transportasi sepeda mendapat  perhatian khusus oleh negeri Belanda. Ada jalur khusus sepeda lengkap dengan rambu-rambunya. Tempat parkir sepeda dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana. Ada jalur khusus sepeda lengkap dengan rambu-rambunya. Tempat parkir sepeda dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana. Ada jalur khusus sepeda lengkap dengan rambu-rambunya. Tempat parkir sepeda dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana. Ada jalur khusus sepeda lengkap dengan rambu-rambunya. Tempat parkir sepeda dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana. Lebih dari itu, di jalanan, sepeda dianakemaskan oleh aturan lalu-lintas: di banyak tempat dengan tanda khusus, kendaraan bermotor wajib mendahulukan atau memberi kesempatan bagi pengguna sepeda untuk melintas. Karena itulah, tak heran jika 85 persen orang Belanda memiliki paling tidak satu sepeda. Tiap tahun, 1,3 juta sepeda baru terjual di negeri yang juga terkenal dengan bunga tulip dan berpenduduk sekitar 16 juta orang ini. Lebih dari itu, di jalanan, sepeda dianakemaskan oleh aturan lalu-lintas: di banyak tempat dengan tanda khusus, kendaraan bermotor wajib mendahulukan atau memberi kesempatan bagi pengguna sepeda untuk melintas. Karena itulah, tak heran jika 85 persen orang Belanda memiliki paling tidak satu sepeda. Tiap tahun, 1,3 juta sepeda baru terjual di negeri yang juga terkenal dengan bunga tulip dan berpenduduk sekitar 16 juta orang ini. Minat orang Belanda untuk bersepeda juga tergambar dari sebuah website bernama “Cycling in the Netherlands”http://holland.cyclingaroundtheworld.nl/ yang dikelola oleh dua orang Belanda bernama Anja de Graaf dan Paul van Roekel yang mengaku sudah lebih 30 tahun bersepeda keliling Belanda dan dunia. Laman ini menyediakan banyak informasi penting seputar bersepeda. Saya senang dengan kenyataan bahwa ada orang yang mau berbagi informasi seperti ini, untuk hal yang, mungkin bagi beberapa orang, tampak sepele-padahal bisa memberi banyak manfaat dan bisa jadi inspiratif.

Masih banyak lagi keunikan yang dimiliki Belanda yang tidak saya ceritakan pada postingan ini.
Jadi Jangan menuntut ilmu sampai negeri cina saja, Tuntutlah ilmu sampai negeri Belanda



0 komentar

Posting Komentar (Old Form)

dilarang nmengandung unsur SARA, KEKERASAN, PELECEHAN DAN SPAM
Saran kritik yang membangun akan saya respon

Translattor

English French German Japanese Spanish Netherland Portugal Philippines

tulis apa kek!

WaKtu adalah pedang!..

Bukan Manusia Clonning

Bukan Manusia Clonning
gw pengen belajar banyak hal, melalui blog ini gw bisa belajar mengenal dunia

Tukeran banner

Copy kode di bawah dan masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali p.r.a.s.e.t.y.o.i.l.h.a.m

Daftar Artikel

berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

thank's myfollowers

Findme on

Review www.prasetyoilham.blogspot.com on alexa.com My Ping in TotalPing.comAllBlogTools.com Blogger Templates Blogarama - Blog Directory