blogger isn't my hobby, but it's mylifestyle

Rabu, 12 Mei 2010

15.09

3 Langkah Menuju Produk Unggulan

iponk's blog Add comments

Vote Up ide ini via sms! Caranya: Ketik CSAIDEA 270 Kirim ke 9779

Latar Belakang

Memang akan selalu ada kekhawatiran mengenai dampak perdagangan bebas terhadap pasar domestik. Begitu juga dengan China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA) yang telah diberlakukan per tanggal 1 Januari 2010. Dengan adanya FTA tersebut, 90 persen produk China dan ASEAN akan menikmati tarif nol persen. Hal ini akan menjadi masalah besar khusunya bagi industri manufaktur di Indonesia karena di sektor industri manufaktur, kita kekurangan capacity to manufacture. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya technology dan operational discipline, capital to support manufacturing yang lemah. Jika tidak ada tindakan dari Pelaku Bisnis maupun pemerintah maka siap-siap saja untuk kalah bersaing dengan produk serbuan China tersebut.


Lingkup permasalahan

Perhatian dari pemerintah sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kemajuan industri domestik. Namun kenyataannya Peemerintah tidak sungguh-sungguh dalam menangani kasus ini. Buktinya yaitu kurangnya dukungan pemerintah dalam hal penyediaan infrasturktur seperti listrik dan lain-lain yang masih setengah-setengah.

Hal ini membuat pelaku bisnis di bidang industri manufaktur mau tidak mau harus melakukan perubahan kualitas terhadap produknya. Kualitas produk yang dimaksud meliputi kualitas dari produk itu sendiri, kualitas proses dan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Solusi

Untuk menghasilkan produk unggulan yang mempunyai mutu yang lebih baik, harga yang bersaing, serta pelayanan yang lebih baik pula dibanding dengan pesaing-pesaingnya diperlukan perbaikan mutu dalam semua aspek yang berkaitan dengan produk tersebut. Solusi yang saya tawarkan yaitu 3 langkah perbaikan kualitas produk yang saya dapatkan dari materi kuliah yang kemudian saya kembangkan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 3 langkah tersebut adalah :

1. Built Quality In Product

Adalah pembuatan, perubahan atau perbaikan produk yang sudah ada yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, dengan mempertimbangkan fasilitas, sumber daya manusia, dan modal.

Langkah ini dapat diterapkan melalui pengadaan angket on-line konsumen terhadap penilaian produk yang dihasilkan. Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dengan membuka line telephone customer service dimana konsumen dapat menyalurkan saran dan kritik terhadap produk yang dihasilkan. Dari data yang masuk maka akan diketahui sejauh mana penilaian konsumen terhadap produk tersebut, tingkat penyebaran konsumen produk tersebut, serta keinginan dari konsumen produk. Data yang masuk ini akan menjadi pertimbangan dalam melakukan produksi produk selanjutnya. Selain itu peruasahaan domestik dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan asing di luar negeri untuk melakukan training karyawan sehingga sumber daya manusia akan lebih kompeten lagi. Dan terakhir yaitu dengan melakukan presentasi perusahaan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi (melalui web profil perusahaan, video perusahaan,dll) terhadap investor asing agar investor tersebut mau menanam modalnya. Dengan modal yang besar maka peluang dalam menciptakan produk unggulan semakin mudah.

2. Built Quality In Process

Adalah upaya menciptakan metode baru atau memperbaiki metode yang sudah ada secara berkesinambungan dengan tujuan menurunkan biaya produksi, menjaga posisi pemasaran, meningkatkan keuntungan.

Upaya ini meliputi evaluasi dari sistem produksi yang sudah ada. Menerapkan proses produksi “Green Industri” sehingga mutu product dijamin ramah lingkungan. Menerapkan sitem perusahaan berbasis teknologi meliputi sistem administrasi, sistem pembayaran gaji karyawan melalui ATM (perusahaan bekerja sama dengan Bank dalam pembuatan rekening karyawan). Menggunakan IT untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi. Sebagai contoh, LAN , intranet dapat dipasang di perusahaan / organisasi untuk mempercepat proses pertukaran informasi dalam bentuk email, file sharring, internet telephony dan lainnya. Meningkatkan customer dengan memperbesar market melalui Internet. Cara yang paling mudah adalah membuat web site untuk perusahaan. Banyak tempat yang menyediakan homepage secara gratis. Selain itu program-program komputer untuk memudahkan membuat website sudah banyak tersedia. Demikian murahnya dan mudahnya membuat sebuah website sehingga tidak alasan sebuah perusahaan untuk tidak memiliki website. Memiliki website hampir dapat disamakan dengan memiliki telepon dan fax dalam bisnis, yaitu menjadi komponen yang sangat esensial.

3. Built Quality In Supliers

Adalah meningkatkan kualitas dalam pelayanan sehingga konsumen akan lebih setia terhadap produk yang dipasarkan.

Upaya ini dapat diterapkan melalui penyediaan selling on-line, pengiriman barang secara cepat dan bergaransi, penyediaan barang yang selalu on time sehingga jika sewaktu-waktu ada pemesanan dalam jumlah yang besar dapat terpenuhi.

Rencana Implementasi & Teknologi Pendukung

Untuk meningkatkan kualitas produk menuju produk unggulan diperlukan divisi/departemen kualitas di dalam organisasi perusahaan yang menangani secara khusus dalam pengendalian kualitas produk.

Sedangkan Teknologi Pendukung yang diperlukan antara lain :

- Sistem informasi eksekutif (EIS) dan Sistem penunjang keputusan (DSS), yang meng-query data yang diambil dari data warehouse perusahaan.

- Sistem Informasi Keuangan dan Akuntansi terintegrasi (Financial Integrated Information System), meliputi : General Ledger, Account Receivables, Account Payables, Fixed Assets, Cash Management .

-Sistem Informasi Operasional terintegrasi (Operational Integrated Information System) meliputi: sistem informasi pengiriman barang (Delivery Information System) dan sistem informasi penelusuran order pengiriman (Order Tracking Information System).

- Sistem Informasi Personalia (Human Resources Information System) yang meliputi: database karyawan, absensi, penggajian, pelatihan, proses pemilihan calon karyawan, sistem jenjang karir, dan sistem kesejahteraan karyawan.

- Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System)

- Aplikasi pembuatan web perusahaan

Benefit

Keuntungan dari Penerapan 3 Langkah Peningkatan Mutu Produk antara lain :

1. Meminimalkan biaya produksi sehingga harga produk daat diturunkan.
2. Dengan adanya fasilitas pelayanan konsumen maka konsumen akan setia terhadap produk yang dipasarkan.
3. Produk tepat sasaran.
4. Terjalin komunikasi yang sehat antara karyawan sampai ke pimpinan sehingga proses produksi bisa berjalan lancar bahkan secara bersamaan muncul ide-ide baru/inovasi terhadap produk yang dihasilkan.
5. Pengakuan konsumen terhadap mutu produk yang dihasilkan sehingga memudahkan produk mendapatkan label best quality dari pemerintah ataupun lembaga penjamin kualitas produk.
info lengkapnya langsung aja klik





0 komentar

Posting Komentar (Old Form)

dilarang nmengandung unsur SARA, KEKERASAN, PELECEHAN DAN SPAM
Saran kritik yang membangun akan saya respon

Translattor

English French German Japanese Spanish Netherland Portugal Philippines

tulis apa kek!

WaKtu adalah pedang!..

Bukan Manusia Clonning

Bukan Manusia Clonning
gw pengen belajar banyak hal, melalui blog ini gw bisa belajar mengenal dunia

Tukeran banner

Copy kode di bawah dan masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali p.r.a.s.e.t.y.o.i.l.h.a.m

Daftar Artikel

berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

thank's myfollowers

Findme on

Review www.prasetyoilham.blogspot.com on alexa.com My Ping in TotalPing.comAllBlogTools.com Blogger Templates Blogarama - Blog Directory