blogger isn't my hobby, but it's mylifestyle

Senin, 29 November 2010

17.51

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia Tetaplah Toyota

PRIUS Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

Pengantar
Ketika gw berselancar di dunia maya dengan memanfaatkan saluran internet gratis di perpustakaan kampus secara gak sengaja sengaja gw menemukan situs yang ngasih informasi bahwa PT TOYOTA ASTRA MOTOR ngadain kontes SEO. Wow spontan gw kaget banget dan yang pasti langsung bergejolak dalam benakku ini GW HARUS IKUT! (semangat 45 begitu membara). Keyword yang dipakai untuk kontes SEO tersebut adalah Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia. Sebelum gw menulis artikel untuk diikutkan di ajang tersebut gw ingin mengomentari alias berpendapat tentang kalimat yang dijadikan keyword SEO tersebut. Menurut gw PT TOYOTA sangat tepat sekali jika menjadikan kalimat “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indoneisa” sebagai keyword kontes tersebut. 
Menurut gw mobil-mobil produksi PT TOYOTA ASTRA MOTOR merupakan produk dengan kualitas unggulan yang sangat diminati masyarakat Indonesia ini. Banyak sekali faktor yang membuat mobil-mobil keluaran PT TOYOTA ASTRA MOTOR dikategorikan sebagai mobil idaman keluarga yang ideal. Dari segi desain, dari segi kecanggihan tehnologi, dari segi kenyamanan, dari segi keamanan, serta dari segi keramah-lingkungan yang diterapkan PT TOYOTA dalam proses produksinya semakin melengkapi mobil merk TOYOTA ASTRA MOTOR menjadi mobil idaman yang ideal. Setiap orang pasti mengidam-idamkan ingin memiliki kendaran roda empat yang dapat mengangkut seluruh keluarganya ke tempat manapun yang ingin dituju. Termasuk gw sendiri, gw sangat memimpikan dan mencita-citakan kelak gw (kalau bisa sih sekarang ini) bisa memiliki sebuah mobil keren yang bener-bener itu mobil yang gw idam-idamkan. Yang menjadi pertanyaan mobil idaman seperti apa?. Yang jelas mobil idaman yang ideal bagi gw. Ideal dari segi desain, harga, dan kenyamanan dalam berkendara. Nah itu semua ada di mobil-mobil merk PT TOYOTA ASTRA MOTOR. Satu merk mobil keluaran TOYOTA yang benar-benar idaman (versi gw) yaitu…. TOYOTA PRIUS….
PRIU, gw demen banget nih!
Akhirnya apa yang gw inginkan tersalurkan juga. Menulis artikel mengenai PT TOYOTA sekaligus mengikuti lomba blog tepatnya sih lkontes SEO. Kok kebetulan sekali ya? Kebetulan apa sih? Ok gw jelasin dulu. Jujur saja setelah gw mengikuti kuliah umum di kampus gw yang baru saja diadain dimana salah satu materi kuliah umumnya tentang mobil hibryd, gw sangat tertarik untuk membuat artikel yang mengulas tentang materi tersebut. Yang membuat gw tertarik itu karena system tehnologi yang dipakai serta penyampaian yang benar-benar keren (bayangin aja orang Toyota langsung yang jadi pembicara). Sebenarnya gw sangat diberi kemudahan dalam mengikuti lomba ini. Gw kuliah di Politeknik Manufaktur ASTRA dimana masih bersaudaraan dengan PT TOYOTA ASTRA yang mengadakan lomba SEO ini. Kemudahan yang gw maksud itu sumber informasi yang nantinya akan gw jadikan topik dari artikel yang gw buat. Banyak banget artikel mengenai PT TOYOTA ASTRA yang ingin gw buat. Gw udah cinta mati ma TOYOTA bahkan gw berniat kelak lulus kuliah gw bisa bekerja di PT TOYOTA ASTRA tersebut. Kok jadi lari dari topik yang seharusnya dibahas ya? Okelah anggap saja sebagai perkenalan dan langsung ke poinnya yaitu pembahasan sedetail-detailnya mengenai PRIUS sebagai mobil keluarga ideal yang mengusung tehnologi hybrid.
Mobil berteknologi hibryd yang dipopulerkan oleh Toyota merupakan terobosan jitu dalam menghadapi krisis energy saat ini. Tehnologi hibryd hadir sebagai solusi menghemat BBM dan mengatasi pencemaran lingkungan. Cara kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi ulang listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk teknologi charger onboard). Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan kinetic energy saat mengerem (regenerative brakeing). Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/bio fuel saat berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan BBM. Di Kota Tokyo Jepang, truk dan bus sudah banyak yang memakai tenaga mesin system hybrid karena dinilai amat efisien/hemat BBM dan mengurangi polusi. Jenis mesin hybrid secara umum ada yang memakai sistem paralel dan sistem seri, namun yang paling umum adalah parallel. Mesin listrik pada kendaran hybrid sebenarnya hanyalah sebagai penunjang atau bisa disebut booster, pada mesin utama yang memakai bensin ataupun solar. Mesin listrik yang kecil pada kendaraan jenis hybrid tak akan kuat menjalankan mobil secara normal. Perkembangan teknologi mesin hybrid memang kini semakin pesat. Begitu pula dalam pengisian ulang listriknya yang semakin canggih, cepat, dan tenaga mesin listriknya semakin besar. Nah itulah gambaran tentang tehnologi hibryd. Di TOYOTA sendiri sudah berhasil menerapkan tehnologi hibryd. Sistem hibryd TOYOTA memiliki dua sumber daya, mesin bensin dan motor listrik. Kombinasi dua sumber daya tersebut tergantung dari kondisi mengemudi. Sistem hybrid TOYOTA bisa kita temukan di kecanggihan PRIUS.
Banyak media menempatkan persaingan antara Toyota Prius dengan merk lain dalam level yang sama. Dan digambarkan penjualan merk lain melesat karena harganya lebih murah daripada Prius. Sebetulnya tidak fair menilai seperti itu. Meskipun sama-sama hybrid, tapi prius berbeda. Seperti membandingkan Toyota Corolla dengan Toyota Vios. Toyota Prius adalah mobil hybrid pertama di dunia dan dalam sepuluh tahun terakhir terjual lebih dari 1,2 juta unit di seluruh dunia. Yang luarbiasa, 500.000 unit diantaranya terjual dalam 3 tahun belakangan ini. Teknologi hybrid yang dipakai Prius juga dipakai di beberapa merek lain. Ketika harga minyak meroket, pembeli Prius harus mengantri.
Toyota adalah pemain utama di segmen mobil hybrid dan seperti pepatah, semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin menerjang, tekanan dari merek-merek lain juga meningkat. Demikian pula yang terjadi pada pada Prius. Oleh karena itu PRIUS terbaru generasi ketiga hadir dalam kelebihan yang dimilikinya.
  1. Emisi gas buangnya lebih bersih. Pemerintah negara bagian California, yang memiliki regulasi tentang emisi paling ketat disana, menempatkan Prius terbaru di kelompok ‘Super Ultra Low Emissions Vehicle’.
  2. Generasi ketiga ini lebih besar dari pendahulunya dengan mesin lebih besar. Ini tidak bisa ditandingi rivalnya. Penyempurnaan pada garis atapnya membuat ruang kepala penumpang lebih lega.
  3. Dilengkapi dengan beragam sistem perlindungan saat kecelakaan yang lebih baik dari pendahulunya.
  4. Menggunakan mesin lebih besar, kini 1,8 liter yang memproduksi 98 hp dan total tenaga sistem hybrid lebih besar karena motor listrik yang lebih kuat.
  5. Tidak ada lagi belt yang menggerakkan kompresor AC dan water pump. Semuanya sudah digerakkan listrik, sehingga kerja mesin menjadi lebih efisien. Agar kerja AC lebih ringan, Toyota melakukan inovasi menarik yang pertama di dunia. Atap Prius dilengkapi sel surya untuk memberi tenaga pada sistem sirkulasi udara interior. Jadi jika diparkir di tempat panas, suhu udara interior yang terperangkap tidak akan meningkat seperti mobil konvensional, karena udara itu disirkulasi keluar. Jadi suhu interior tetap rendah, dan saat AC dihidupkan, tidak perlu bekerja keras untuk mendinginkan udara.
  6. Memiliki tiga mode, yaitu electric mode yaitu bergerak semata-mata mengandalkan energi listrik yang tersimpan di battery. Mobil bisa bergerak maksimum 24 mph. Daya jelajahnya 20 - 30 mil sebelum harus diisi ulang. Economy mode, untuk menghasilkan efisiensi terbaik. Power mode untuk mendapatkan keasyikan berkendara tanpa kehilangan efisiensi. Pada mode ini akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 9,8 detik.
Lalu bagaimana dengan performanya?
Tujuan utama mobil hybrid adalah mampu memberikan yang terbaik soal emisi dan penggunaan bahan bakar paling efisien.Tentu, kebanyakan orang berpikir, jika penggunaan bahan bakar mesti dikurangi maka akan berpengaruh pada performa. Benarkah?
Dengan penampilan serupa dengan mobil konvensional tentu kenyaman dan performa yang diharapkan oleh pengguna mobil hybrid tak berbeda, malah bisa lebih. Salah satu keunggulan mobil dengan dua mesin seperti Toyota Prius ini, pada saat berjalan pelan, suara mesin bukan saja nyaris, tetapi memang tidak terdengar. Karena yang bekerja adalah motor listrik. Nah, bagaimana dengan tarikannya? Jangan-jangan performanya sehening suaranya, atau tak bertenaga. Dengan sistem series/parallel hybrid merespon tenaga tak beda dibanding mobil biasa. Begitu pedal gas diinjak, seketika tarikan dirasakan seisi kabin. Dapat terlihat pada layar di tengah dasbor (monitor energy), yang menunjukkan darimana sumber tenaga yang menggerakkan roda.
Namun sempat juga terjadi, ketika mesin digeber terus-terusan maka saat itu baterai dipakai untuk menyuplai tenaga yang menggerakkan motor elektrik yang akan membantu kerja mesin bensin. Tak lama akan terdengar bunyi alarm, yang memberi peringatan kalau persediaan listrik di dalam baterai menipis. Maka sebagian tenaga mesin pun dipakai untuk mengisi baterai. Tetapi tak perlu khawatir jika tenaga merosot banyak, karena seketika itu pula energi dari baterai dipakai untuk memutar motor elektrik. Meski terkadang tarikan mobil terasa sedikit lemah akibat kurangnya listrik pada motor listrik. Namun, cukup mengurangi pijakan pedal beberapa saat hingga baterai cukup terisi maka motor listrik pun akan memberikan tenaga penuh kembali untuk membantu mesin bensin.
Hal unik lain, mobil hybrid buatan Toyota ini memiliki pembatasan kecepatan secara otomatis. Ketika ke-cepatan sudah mencapai 172 km/jam, maka pengemudi akan merasakan tak ada respon pedal gas ke mesin. Mau diinjak lebih dalam, tunggangan tetap pada kecepatan di kisaran 172-175 km/jam, tergantung kondisi jalan, agak menanjak atau menurun.
Tentu performa seperti ini sudah lebih dari cukup, bukan? Untuk kendaraan dengan berat kosong sekitar 1,3 ton. Akselerasi yang dicapai Toyota Prius dengan mesin 1NZ-FXE, tak jauh berbeda dibanding kendaraan lain yang lebih ringan dengan tipe mesin berkapasitas sama (1NZ-FE), Toyota Vios G (A/T) dengan berat kosong 1,05 ton. Tetapi dengan konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat, bukan?

Mobil Keluarga Ideal versi gw : survei kecil-kecilan sambil berangkat kos

Maksudnya apa sih?
ok gw jelasin nih, pas gw berangkat ke kampus tanpa sengaja otak gw nyala (kayak lampu aja). Ya, gimana kalo gw ngadain survei kecil2an. Survei mobil semua jenis merk yang gw termuin sepanjang gw berangkat ke kampus dari kos (jl. swasembada barat 6) sampai kampus (jalan gaya motor).
nah ni hasilnya:
Toyota Avanza : 56 mobil
Daihatsu Xenia : 15
Honda Jazz : 25


dengan survei kecil sudah cukup meyakinkan gw kalo toyota tetaplah nomor satu dan tetap menjadi mobil keluarga ideal terbaik indonesia.



0 komentar

Posting Komentar (Old Form)

dilarang nmengandung unsur SARA, KEKERASAN, PELECEHAN DAN SPAM
Saran kritik yang membangun akan saya respon

Translattor

English French German Japanese Spanish Netherland Portugal Philippines

tulis apa kek!

WaKtu adalah pedang!..

Bukan Manusia Clonning

Bukan Manusia Clonning
gw pengen belajar banyak hal, melalui blog ini gw bisa belajar mengenal dunia

Tukeran banner

Copy kode di bawah dan masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali p.r.a.s.e.t.y.o.i.l.h.a.m

Daftar Artikel

berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

thank's myfollowers

Findme on

Review www.prasetyoilham.blogspot.com on alexa.com My Ping in TotalPing.comAllBlogTools.com Blogger Templates Blogarama - Blog Directory